Jakarta, CNN Indonesia

Lalu lintas di Tol Jakarta Cikampek Layang atau MBZ arah Jakarta terpantau macet atau padat di KM 22-KM 14 pada Senin (15/4) dini hari ini.

Kemacetan lalu lintas akibat peningkatan volume kendaraan, juga ada kendaraan yang patah as.

“03.00 WIB #Jalan_Layang_MBZ Cikunir – Tambun – Cikarang – Karawang Lancar. Tambun KM 19 – Bekasi Barat KM 14 padat, kepadatan volume lalin,” cuit Jasa Marga di akun X-nya, Senin dini hari.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“03.22 WIB #Jalan_Layang_MBZ Cibitung KM 25 – KM 24 arah Jakarta PADAT, kepadatan volume lalin. Tambun KM 19 – Bekasi Barat KM 14+800 PADAT, ada penanganan kendaraan Brio gangguan patah as roda di lajur 1/kiri.

Sekitar setengah jam kemudian di KM 22-KM 14 pun masih terpantau padat.

“04.00 WIB #Jalan_Layang_MBZ Cikunir – Tambun – Cikarang – Karawang LANCAR. ; Tambun KM 22 – Bekasi Barat KM 14+800 PADAT, ada penanganan kendaraan Brio gangguan patah as roda di lajur 1/kiri,” demikian diunggah akun X Jasamarga.

Sementara itu di Tol Japek jalur bawah, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) menambah kapasitas contraflow  arah Jakarta  menjadi tiga lajur. 

“04.00 WIB #Tol_Japek HATI-HATI di Cikarang Pusat KM 36 – Cikampek KM 72, ada lajur Contraflow dari arah Cikampek di lajur 2-3-tengah-kanan,” demikian dilaporkan via akun X Jasamarga.

Sebelumnya, VP Corporate Secretary and Legal Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paalo di Karawang mengatakan penambahan lajur contraflow itu merupakan diskresi dari pihak kepolisian untuk mengurai kepadatan lalu lintas arus balik lebaran 2024.

PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) dalam upaya mengurai kepadatan lalu lintas telah menambah kapasitas lajur contraflow menjadi tiga lajur dari KM 66 sampai dengan KM 47 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta mulai pukul 20.08 WIB.

Ia mengatakan sempat memperpanjang contraflow satu lajur dari KM 47 sampai dengan KM 36 arah Jakarta pada pukul 19.55 WIB.

“Kemudian pada pukul 13.14 WIB juga dilakukan contraflow dua lajur arah Jakarta dari KM 70 sampai dengan KM 47,” kata dia.

Mengutip dari Antara, di Gerbang Tol Utama Cikampek terjadi antrean panjang menuju ke Jakarta pada jam-jam tersebut.

Dua ruas jalur tol dibagi menjadi empat dan tiga lajur dibuka untuk pengendara menuju Jabodetabek.

Sementara satu lajur dibuka untuk arah ke Jawa Tengah yang menjadi lajur contraflow dibuka dua gardu dan sejumlah gardu satelit.

PT JTT mengatakan volume lalu lintas kendaraan yang kembali dari arah Trans Jawa pada ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai meningkat.

Pihaknya mengimbau pengemudi dalam kondisi prima, tidak membawa penumpang dan barang melebihi batas muatan.

Dirinya juga meminta pemudik tidak masuk ke lajur contraflow apabila dalam kondisi lelah dan segera beristirahat di tempat istirahat terdekat.

Selain itu selama di jalur contraflow dilarang mendahului kendaraan dan berkendara secara zig-zag, pengemudi juga diwajibkan menyalakan lampu kendaraan saat memasuki lajur tersebut meski pada siang hari.

Sebelumnya Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan sejumlah opsi disiapkan untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat pemberlakuan rekayasa contraflow saat arus balik Idul Fitri 1445 H.

“Kami menyiapkan sejumlah opsi mengawal pemudik pascakecelakaan di KM 58,” Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan di Semarang, Sabtu.

Pihaknya bersama Jasa Marga menyiapkan mobil penyelamat yang hadir setiap 30 menit dan mereka akan mendahului pengendara untuk mengatur kecepatan mobil yang ada di jalur tersebut.

Selain itu pembatas berupa cone yang sebelumnya terpasang dengan jarak masing-masing 30 meter akan dipendekkan menjadi 10 meter.

“Pembatas tersebut akan dirapatkan posisinya,” kata dia.

(tim, Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *